Pengantar Teknologi Game Pada
Generasi Muda
Pada kesempatan kali ini
saya ingin merubah mainset para kaula atau generasi muda agar mainset para
rekan - rekan semua berubah, ketika bermain game, bukan hanya ingin bersantai
duduk bahkan sambil merebahkan badan di kasur bahkan di sofa yang empuk hanya
untuk bermain game dan bermain game hingga kehabisan waktu untuk menjalani
kehidupan yang nyata / real. Untuk itu saya ingin memperkenalkan game yang
membuat para kaula muda termotivasi agar dapat keluar dan merubah kebiasaannya
menjadi kebiasaan yang baik.
Saya akan mencobanya
dengan hal yang sangat kecil yaitu saya ingin bahwasannya generasi muda
haruslah menjalani hidup sehat karena kesehatan itu mahal harganya, bahkan
seorang milyader saja bisa jatuh miskin karena kesehatannya kurang baik, harus
rutin berobat dan membeli obat serta dirawat di rumah sakit, maka dari itu bisa
saja para milyader itu jatuh miskin karena banyaknya pengeluaran dari segi
kesehatan.
Maka dari itu saya ingin
menerapkan didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, saya akan
menghubungkan antara game dengan keehatan, jadi disini adalah olah raga yang
ingin saya blow up adalah berlari, jadi game yang akan saya bahas
ini adalah game yang berlari dan mengumpulkan banyak point agar mencapai skor
tertinggi, bukan hanya point saja yang di kumpulkan namun jarak yang ditempuh
juga mempengaruhi, saya akan menjelaskan by power point agar rekan - rekan
semua dapat melihat dengan seksama dan agar lebih mudah melihatnya.
Slide 1
Saya akan menjelaskan
slide ini adalah slide dari pengenalan kelompok dan tentang apa kita sedang
belajar serta nama dosen yang mengajar, jadi disini membagi menjadi tiga yaitu
latar belakang dari pembuatan game, lalu pembuatannya serta bagaimana cara
bermain gamenya.
Slide 2
Setelah itu kita berlaih pada
slide berikutnya adalah, bagai mana saya termotivasi untuk membuat gamenya,
seperti pada pernyataan saya diatas tadi yaitu untuk menjadikan generasi muda
agar termotivasi melakukan lari pagi agar lari pagi atau lari sore ini
menjadikan generasi muda personal yang kuat agar dapat menjalani hidup sehat.
Slide 3
Setelah ini beralih ke slide
selanjutnya yaitu bagaimana pembuatan dari game tersebut, jadi pertama tama
adalah kita buka unity dan unity tersebut disesuaikan dengan os kalian memakai
yang berapa bit yang 64 bit kah atau 32 bit kah, jadi tergantung kalian
memakainya yang mana, lalu kita import semua file yang kita perlukan agar
menjadikan semua terlihat bagus dan hidup.
Slide 4
Setelah kita pindah maka kita
akan membahas tentang berrurtan dari sebelah kiri ke kanan dan dibawah ini
adalah slide yang membahas tentang pembuatan dari tata letak dari sebuah objek,
di sebelah kiri adalah objek dari awan dan kanan adalah box untuk halang
rintang dari sebuah game.
Slide 5
Setelah kita pindah ke slide
berikutnya saatnya kita beralih ke tahap selanjutnya yaitu seperti biasa kita
lihat dari kiri ke kanan yaitu membuat carakter dan posisi serta bagaimana dia
bergerak dan ke kanan adalah membuat posisi atau tugas dari camera, jadi camera
disana akan berjalan mengikuti carakter.
Slide 6
Setelah kita klick next untuk
slidenya maka kita akan di hadapkan dengan pembahasan dari game manager dan sub
layout jadi game manager disini fungsinya adalah untuk memanage dari sebuah
game dari mulai peraturannya sampa dengan akhir, lalu sub layout untuk mengatur
layout dari sebuah land dari game.
Slide 7
Setelah next maka kita
dihadapkan pada kiri ke kanan yaitu fungsinya adalah untuk posisi box loop
coin, jadi coin disini kita looping atau kitaq ulangi untuk kelancaran coinnya
jadi coin disini adalah untuk mengulangi dari coin tersebut jadi coin tidak
akan habis, karena akan terus menerus meloop, dan dikanan adalah untuk
membentuk dari sebuah coinnya dan posisinya ada dimana saja.
Slide 8
Setelah kita menext dari
sebuah slide maka sekarang kita membuat dari running effec dari si pelari atau
player dan soudplayer untuk menjadikan sebuah satu kesatuan yang sangat hebat
jadi kita menggunakan running effect untuk berlari dan ada sesuatu angin
diblekangnya dan sound player jika hendak lompat atau berjalan akan ada effect
dari suaranya.
Slide 9
Setelah kita melihat slide
berikutnya maka sekarang kita akan membahas tentang sprite plane dan deathzone
jadi spriteplane adalah bagaimakan plane akan dijalankan tetapi jika death zone
adalah bagaimana disana pengaturan atau posisi tataletak dari aaarea yang jika
dijadikan untuk kematian player untuk tidaka bisa menjalankan atau meneruskaan
dari game tersebut.
Slide 10
Slide ini adalah untuk
menjelaskan bahwasanya kita mengatur dari black screen dan gold GUI icon, jadi
black screen ini adalah untuk mengatur bahwasannya jika kita mati ataau tidak
bisa meneruskan dari permainan maka akan mendapatkan black screen yang artinya
sudah berakhirnya dari game tersebut, dan gold GUI icon itu adalah bagaimana
gold terlihat nyata didepan mata para player atau orang yang sedang
memainkannya.
Slide 11
Setelah kita melihatnya
sekarang kita akan membahas tentang dari Gold text dan meter GUI icon, jadi
gold text disini adalah untuk menulis dari gold yang didapatkan dan melihat
dari apa yang harus dilihat yaitu angka dari jumlah gold yang didapatkan, dan
meter gui icon yaitu untuk membuat dari icon yang berdasarkan guinya yaitu
sebuag gambar icon yang memuat itu adalah gambar meteran.
Slide 12
Slide setelahnya adalah untuk
membuat dari meter text dan result gold text yaitu untuk fungsi dari meter text
yaitu untuk menandai berapa banyak yang sudah di tempuh dan dilalui jadi meter
text disini adalah jumlah dari berapa yang sudah dilalui oleh player, dan
result gold text adalah untuk menjadikan sebuah gold text.
Slide 13
Sekarang kita membahas
tentang Result_GUI dan ini adalah bagaimana meresult dari GUI dan me resuilt
dari meter text dari sampingnya jika ada yang akan di result.
Slide 14
Sekarang adalah bagian dari
Play yaitu bermain, jika bermain disini adalah untuk mengulas dari permainan
yang akan kita bahas, jadi permainan disini adalah permainan untuk lari dan
jenisnya adalah Endless gem, disana track atau lintasannya tiada akhir, dan
poinnya juga.
Slide 15
Setelah itu kita akan
membahas tentang bagaimana jika game di play, disana player tersebut akan
berjalan ke arah kanan dan mengumpulkan point sebanyak banyaknya dan
mengumpulkan meteran sebanyak banyaknya agar medapatkan score yang banyak,
jaraknya akan terus berjalan dan itu akan terus melooping dan jika looping
tersebut berjalan maka tidak akan ada akhirnya.
Slide 16
Slide selanjutnya adalah
menunjukkan dari ftur player yaitu dapat melompat agar dapat melompat dan dapat
melewati halang rintang yang telah disediakan jadinya harus melewati hal
tersebut jadinya harus melewati halang rintangnya adalah melompat.
Slide 17
Slide ini adalah membahas
tentang slide yang turun kebawah dan ini artinya adalah player tersebut sudah
terjatuh dan tidak dapat melanjutkan dari game dan berakhir menjadi game over
dan harus mengulangi dari game tersebut.
Slide 18
Slide ini adalah untuk
melihatkan bagaimana deathzone bekerja dan disana langsung ada untuk melihat
bagaimana kematian itu dan harus kita replay untuk mengulangi game, dan disana
juga ada hasil yang kita dapatkan yaitu adalah coin dan meteran yang telah kita
lalui.
Slide 19
Kita sudah sampai pada
penghujung cerita yaitu adalah kita berterimakasih kepada pembaca yang
menyempatkan mampir ke blog saya yang masih sederhana ini.
Demikian yang dapat saya
sampaikan pada kesempatan kali ini, ingat, didalam tubuh yang sehat terdapat
jiwa yang kuat.